welcome to my blog..

Minggu, 14 November 2010

Sudah siapkah Anda untuk memaafkan?

Diposting oleh asih di 14.09
Apa itu makna dari sebuah kata maaf ? Hmmmm… Apa hanya sebuah ucapan yang mudah meluncur dari mulut setiap kita melakukan kesalahan? Atau sebuah penyesalan yang mendalam atas kesalahan yang harus kita tunaikan dengan tulus dan ikhlas?



Penghianatan, penghinaan dan kekerasan memang sedikit dari banyaknya kesalahan yang sulit untuk dimaafkan. Apalagi jika yang melakukannya adalah orang yang paling kita sayangi. Namun, disaat orang itu mengakui kesalahannya dan ingin meminta maaf, apakah kita harus memaafkannya atau justru mengabaikan permintaan maaf tersebut?


Sangatlah manusiawi jika seseorang yang tersakiti sulit memberikan maaf. Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa memberikan maaf akan jauh lebih membuat batin dan hati kita terasa lebih damai dan proses pengembangan diri pun dapat berjalan normal kembali, daripada hanya bergumul dengan rasa sakit hati dan keengganan untuk memberikan maaf kepada orang yang telah menyakiti kita.


Apa itu Memaafkan (dengan tulus)?
Memberikan maaf secara tulus merupakan suatu bentuk sikap berani untuk berkompromi dengan rasa sakit atas berbagai bentuk sikap dan perlakukan yang tidak menyenangkan dari orang lain.

Memaafkan berarti juga bisa menerima kesalahan orang lain dan tidak berniat untuk membalas rasa sakit hati yang pernah dirasakan atas perbuatan orang lain - karena secara sadar kita tahu bahwa disakiti itu sangatlah tidak menyenangkan - dan tidak (lagi) memendam rasa benci atau dendam.
Atas keberanian (memaafkan kesalahan orang lain) itulah yang membuat seorang yang tersakiti menjadi sosok yang lebih tegar dan dewasa, karena dengan adanya kejadian menyakitkan tersebut, akan banyak pelajaran berharga yang bisa ditelaah lebih dalam.


Antara memaafkan dan melupakan
Walaupun secara lisan kita telah memberikan maaf, namun dalam hati (sangat wajar) bila rasa sakit itu belum juga luntur. Memaafkan tidak berarti melupakan atas perlakuan tidak menyenangkan yang pernah dialami.
Maka, "memaafkan" itu bisa memberikan dua efek yang saling bertolak belakang. Untuk si pemberi maaf, kata "maaf" bisa memberikan efek menenangkan - walaupun beberapa orang masih menyimpan luka - sementara bagi si penerima maaf, kata "maaf" bisa menjadi sebuah "hukuman moral" - meskipun secara lisan kesalahannya telah termaafkan.

Efek positif dari memaafkan
  • Memaafkan dengan sepenuh bisa membuat hidup lebih bahagia. Karena menyimpan dendam terlampau lama kemungkinan bisa menimbulkan penyakit yang tidak di duga-duga.
  • Memaafkan bisa meringankan beban batin. Membuat pikiran lebih rileks dan memacu semangat untuk bangkit dari keterpurukan.
  • Memaafkan juga bisa dijadikan kesempatan untuk belajar memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

..::.. Woman Talk ..::.. Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare